PENGUMUMAN

KITA SEMUA PUNYA ANDIL UNTUK SUKSESKAN PENGAWASAN PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BREBES 2017

Jumat, 26 Agustus 2016

Ratusan PPL Brebes Dilantik Jelang Pilbup

Sebanyak 297 Panitia Pengawas Lapangan (PPL) di Brebes, Jawa Tengah, dilantik serentak di 17 kecamatan. Mereka akan mengawasi tahapan pemilihan bupati dan wakil Bupati Brebes di wilayahnya masing-masing.

Komisioner Panwas Brebes, Divisi Organisasi dan SDM, Taufiqurrohman mengatakan, pelantikan dilakukan oleh Panwascam di masing-masing wilayah mulai hari ini hingga besok.Usai dilantik, mereka akan langsung mengawasi proses pembentukan petugas pemutakhiran data dan daftar pemilih (PPDP).

"Dalam waktu dekat KPU akan melakukan pemutakhiran data pemilih. Saat ini sedang proses rekrutmen PPDP oleh KPU dan perlu diawasi," katanya, Kamis (25/8/2016).

Taufiqurrohman menjelaskan, PPL perlu mengawasi apakah anggota PPDP bekerja sesuai prosedur. 
Karena, Daftar Pemilih Tetap (DPT) rawan menjadi bahan gugata
n pasangan calon peserta Pilkada.
Proses pemutakhiran data yang dilakukan petugas seringnya dilakukan diatas meja, tidak mendatangi rumah warga. Sehingga kadang banyak data yang tidak akurat.

"Kami sudah perintahkan PPL melalui Panwascam untuk memverifikasi langsung ke rumah warga untuk memastikan masuk dalam DPT," ujar Taufiqurohman.

PPL juga diminta melakukan koordinasi dengan PPS untuk memperoleh informasi jumlah TPS, PPDP yang harus dibentuk dan ada atau tidaknya SK PPDP.

"Biasanya persoalan Coklit muncul pada saat penetapan DPT dan inkonsistensi jumlah DPT yang selalu muncul berulang-ulang," pungkasnya.(Kuntoro)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar